Hasil Belajar
Penilaian hasil
belajar menurut Sudjana (2008:3) adalah proses memberikan atau menentukan nilai
kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penilaian hasil
belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai
siswa dengan kriteria tertentu. Hal ini mengisyaratkan bahwa objek yang
dinilainya adalah hasil belajar siswa.
Menurut
Djamarah (2000: 45), hasil adalah prestasi dari suatu kegiatan yang telah
dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Hasil tidak
akanpernah dihasilkan selama orang tidak melakukan sesuatu. Untuk menghasilkan
sebuah prestasi dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar.Hanya
dengan keuletan, sungguh–sungguh, kemauan yang tinggi dan rasa optimisme
dirilah yang mampu untuk mancapainya.
Sementara itu,
Arikunto ( 1990:133) mengatakan bahwa hasil belajar adalah hasil akhir setelah
mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat
diaamati,dan dapat diukur”. Nasution ( 1995 : 25) mengemukakan bahwa hasil
adalah suatu perubahan pada diri individu. Perubahan yang dimaksud tidak halnya
perubahan pengetahuan, tetapi juga meliputi perubahan kecakapan, sikap,
pengrtian, dan penghargaan diri pada individu tersebut.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar hasil diperoleh setelah siswa mengalami belajar yang dapat diamati dan
diukur dengan kriteria
tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar