Jumat, 04 Desember 2015

PENGERTIAN BELAJAR


   Pengertian Belajar
Menurut Zainal Aqib (2002:42) belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan, tingkah laku yang baru itu misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbul pengertian baru, serta kesadaran baru dalam diri seseorang sebagai mahluk sosial. Belajar merupakan kegiatan yang penting bagi manusia.Pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, kegemaran dan sikap seseorang terbentuk dan berkembang melalui belajar.Oleh  karena itu seseorang dikatakan belajar, bila dapat diasumsikan dalam diri terjadi suatu proses yang mengakibatkan perubahan tingkah laku dalam waktu yang relatif lama disertai usaha orang sehingga orang tidak mampu mengerjakan sesuatu menjadi mampu mengerjakan.
            Belajar merupakan suatu pengalaman yang diperoleh berkat adanya interaksi antara individu dengan lingkungannya (Uno, 2007:22). Sedangkan menurut Hudojo (2005:71) mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman atau pengetahuan baru, sehingga menyebabkan perubahan perilaku.
            Menurut Hamalik (2005:36) belajar adalah modivikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Menurut pengertian ini, belajar merupakan proses, suatu kegiatan, untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Sanjaya (2006:89) mengatakan bahwa belajar adalah proses mental yang terjadi dalam diri seseorang, sehingga menyebabkan munculnya perubahan perilaku.
            Berdasarkan beberapa pendapat tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkunganya. Di dalam interaksi inilah terjadi serangkaian pangalaman belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar