Jumat, 04 Desember 2015

PEMBELAJARAN FISIKA


   Pembelajaran Fisika
Pembelajaran ialah membelajarkan siswa dengan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Konsep pembelajaran menurut Corey (dalam Sagala, 2005:61) adalah “suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.
Herbert Druxes (1986:3)  menyatakan fisika adalah pelajaran tentang kejadian alam yang memungkinkan penelitian dan percobaan, pengukuran, penyajian secara matematis berdasarkan metode ilmiah. sedangkan menurut Bob foster (2004:5) secara sederhana  fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala alam dan benda-benda mati. Dari kedua pendapat diatas disimpulkan bahwa fisika adalah ilmu yang menguraikan dan menganalisa struktur dan pristiwa alam yang disertai percobaan dan pengukuran serta penyajian secara matematis. Perkembangan fisika saat ini sudah merambah kebanyak bidang teknologi. Teknologi informasi seperti internetpun yang saat ini yang sudah menjadi sarana berkomunikasi manusia dari seluruh penjuru dunia, memerlukan fisika sebagai ilmu dasarnya. Ilmu fisika berkembang karena didorong oleh adanya rasa ingin tahu yang selalu ada dalam diri kita. Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang amat besar tentang segala sesuatu.
Jadi belajar fisika adalah belajar tentang konsep-konsep dan struktur-struktur kejadian dan pristiwa alam melalui percobaan sehingga dalam fisika itu mencari hubungan-hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur fisika melalui penalaran matematis yang pada akhirnya siswa dapat menyimpulkan sendiri hasil belajaranya”. Karena itu untuk mempelajari sesuatu bila belajar itu disadari kepada apa yang telah diketahui siswa tersebut. Karena itu untuk mempelajari suatu materi fisika yang baru, pengalaman belajar yang lalu dari siswa itu akan mempengaruhi terjadinya proses belajar pada materi fisika tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar