Pembelajaran Fisika
Pembelajaran ialah
membelajarkan siswa dengan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar
yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan
proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai
pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Konsep
pembelajaran menurut Corey (dalam Sagala, 2005:61) adalah “suatu proses dimana
lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut
serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau
menghasilkan respon terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset
khusus dari pendidikan”.
Herbert Druxes (1986:3) menyatakan fisika adalah pelajaran tentang
kejadian alam yang memungkinkan penelitian dan percobaan, pengukuran, penyajian
secara matematis berdasarkan metode ilmiah. sedangkan menurut Bob foster
(2004:5) secara sederhana fisika adalah
ilmu yang mempelajari gejala alam dan benda-benda mati. Dari kedua pendapat
diatas disimpulkan bahwa fisika adalah ilmu yang menguraikan dan menganalisa struktur
dan pristiwa alam yang disertai percobaan dan pengukuran serta penyajian secara
matematis. Perkembangan fisika saat ini sudah merambah kebanyak bidang
teknologi. Teknologi informasi seperti internetpun yang saat ini yang sudah
menjadi sarana berkomunikasi manusia dari seluruh penjuru dunia, memerlukan
fisika sebagai ilmu dasarnya. Ilmu fisika berkembang karena didorong oleh
adanya rasa ingin tahu yang selalu ada dalam diri kita. Anak-anak mempunyai
rasa ingin tahu yang amat besar tentang segala sesuatu.
Jadi belajar fisika adalah belajar tentang
konsep-konsep dan struktur-struktur kejadian dan pristiwa alam melalui
percobaan sehingga dalam fisika itu mencari hubungan-hubungan antara
konsep-konsep dan struktur-struktur fisika melalui penalaran matematis yang
pada akhirnya siswa dapat menyimpulkan sendiri hasil belajaranya”. Karena itu
untuk mempelajari sesuatu bila belajar itu disadari kepada apa yang telah
diketahui siswa tersebut. Karena itu untuk mempelajari suatu materi fisika yang
baru, pengalaman belajar yang lalu dari siswa itu akan mempengaruhi terjadinya
proses belajar pada materi fisika tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar