adapun
LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SKL dan PENYUSUNAN BUTIR SOAL yang dilatihkan kepada
guru guru sbb:
- Membandingkan SKL UN 2010, 2011 dan 2012 meliputi Jumlah SKL, Ruang Lingkup Materi, Identifikasi UKRK, Jumlah Kemampuan yang diuji, Penyebaran kemampuan setiap SKL dan Pengembangan kemampuan setiap SKL
- Verifikasi SKL 2010/2011 dengan soal UN 2011/2012 meliputi Ruang Lingkup Materi, Pengembangan Indikator, Penyebaran materi setiap kelas
- Menyusun Kisi-kisi soal SKL, indikator SKL, indikator soal, bentuk soal, dan no Soal
- Menyusun Soal berdasarkan kaidah penulisan soal berdasarkan Validitas Isi, Konstruksi, dan Bahasa memenuhi Syarat.
adapun
Kerucut Ketercapaian Kompetensi mulai dari : abalisis SKL,analisis
SK/KD,Analisis materi , penyususnan kisi-kisi sial soal dan terakhir
menghasilkan produk soal prediksi berbasis SKL. kalau thn 2011/2012 nanti soal
tidak lagi berbasisi SKL tepati sudah menjadi soal Ujian nasional berbasis
Standar isi atau SK/KD.
Peserta
diberi tugas kelompok untuk mebuat :
- Analisis SKL mata pelajaran untuk 1 (satu) SKL saja;
- Kisi-kisi soal ujian sekolah mengacu pada SKL sesuai dengan SKL yang dianalisis;
- Soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang disusun.
Adapun
langkah teknis yang dilakukan peserta dalam mengisi format pengembangan hsil
analisis SKL unutk ujian nasional sbb:
Langkah
I: mengisi format Bedah / analisis SKL sbb:
- Kolom pertama ,mengutip SKL dari permendiknas no.59/2011
- Kolom kedua , menetukan atau memilih SK/KD yang berhubungan dengan SKL pada kolom pertama
- Kolom ketiga mengutip Indikator SKL sesuai kolom pertama.
- Mengisi kolom bahwa (kolom 1,2,3) dijarkan dikelas berap.
- Kolom 6 mengembangkan indikator SKL menjadi beberapa indikator kemunginan ( sekaligus merupakan indikator pridiksi soal UN yang akan muncul.
Langkah
II: melakukan ANALISIS KISI-KISI SOAL UJIAN sbb:
- kolom 1 dan 2 mengutip pada format langkah I.
- klom ke 3 menetukan materi pokok dengan cara mebuang kata kerja pada KD
- kolom 4 , mataeri kelas barapa (lihat standar ini permen 21/2006)
- kolom 5 menentukan indikator soal : diambil dari indikator pengembangan pada lanhgkah I (kolom 6)
- kolom 6 isi soal nomor berapa.
langkah
III: mengisi kartu soal sesuai hasil langkah I dan II.
langkah
IV : melakukan telaah butir soal kualitatif setiap butir soal pada kartu soal
berdasarkan kaidah penulisan butior soal dilihat dari 3 hal :
Tujuan
penelaahan adalah
- Untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan.
- Untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif,
- Serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63).
- Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.
Dalam melaksanakan analisis butir
soal, para penulis soal dapat menganalisis secara kualitatif, dalam kaitan
dengan isi dan bentuknya, dan kuantitatif dalam kaitan dengan ciri-ciri
statistiknya (Anastasi dan Urbina, 1997: 172) atau prosedur peningkatan secara
judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195).