Minggu, 15 Januari 2012

bedah skl

adapun LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SKL dan PENYUSUNAN BUTIR SOAL yang dilatihkan kepada guru guru sbb:
  1. Membandingkan  SKL UN 2010, 2011 dan 2012 meliputi Jumlah SKL, Ruang Lingkup Materi, Identifikasi UKRK, Jumlah Kemampuan yang diuji, Penyebaran kemampuan setiap SKL dan Pengembangan kemampuan setiap SKL
  2. Verifikasi SKL 2010/2011 dengan soal UN 2011/2012 meliputi Ruang Lingkup Materi, Pengembangan Indikator,  Penyebaran materi  setiap kelas
  3. Menyusun Kisi-kisi soal SKL, indikator SKL, indikator  soal, bentuk soal, dan no Soal
  4. Menyusun Soal berdasarkan kaidah penulisan soal berdasarkan Validitas Isi, Konstruksi, dan Bahasa   memenuhi Syarat.
adapun Kerucut Ketercapaian Kompetensi mulai dari : abalisis SKL,analisis SK/KD,Analisis materi , penyususnan kisi-kisi sial soal  dan terakhir menghasilkan produk soal prediksi berbasis SKL. kalau thn 2011/2012 nanti soal tidak lagi berbasisi SKL tepati sudah menjadi soal Ujian nasional berbasis Standar isi atau SK/KD.
Peserta diberi tugas kelompok untuk mebuat :
  1. Analisis SKL mata pelajaran untuk 1 (satu) SKL saja;
  2. Kisi-kisi soal ujian sekolah mengacu pada SKL sesuai dengan SKL yang dianalisis;
  3. Soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang disusun.
Adapun langkah teknis yang dilakukan peserta dalam mengisi format pengembangan hsil analisis SKL unutk ujian nasional  sbb:
Langkah I: mengisi format Bedah / analisis SKL sbb:
  1. Kolom pertama ,mengutip SKL dari permendiknas no.59/2011
  2. Kolom kedua , menetukan atau memilih SK/KD yang berhubungan dengan SKL pada kolom pertama
  3. Kolom ketiga mengutip Indikator SKL sesuai kolom pertama.
  4. Mengisi kolom bahwa (kolom 1,2,3) dijarkan dikelas berap.
  5. Kolom 6 mengembangkan indikator SKL menjadi beberapa indikator kemunginan ( sekaligus merupakan indikator pridiksi soal UN  yang akan muncul.
Langkah II: melakukan ANALISIS KISI-KISI SOAL UJIAN  sbb:
  1. kolom 1 dan 2 mengutip pada format langkah I.
  2. klom ke 3 menetukan materi pokok dengan cara mebuang kata kerja pada KD
  3. kolom 4 , mataeri kelas barapa (lihat standar ini permen 21/2006)
  4. kolom 5 menentukan indikator soal : diambil dari indikator pengembangan pada lanhgkah I (kolom 6)
  5. kolom 6 isi soal nomor berapa.
langkah III: mengisi kartu soal sesuai hasil langkah I dan II.
langkah IV : melakukan telaah butir soal kualitatif setiap butir soal pada kartu soal berdasarkan kaidah penulisan butior soal  dilihat dari 3 hal :
Tujuan penelaahan adalah
  1. Untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan.
  2. Untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif,
  3. Serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63).
  4. Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.

Dalam melaksanakan analisis butir soal, para penulis soal dapat menganalisis secara kualitatif, dalam kaitan dengan isi dan bentuknya, dan kuantitatif dalam kaitan dengan ciri-ciri statistiknya (Anastasi dan Urbina, 1997: 172) atau prosedur peningkatan secara judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195).