Selasa, 17 Mei 2011

RPP fisika sma kelas XII IPA semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  01

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1
A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.1 mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang
C. Indikator                             :1. Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal dan                                longitudinal
                                                 2. Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
                                                    3. menyimpulkan perumusan persamaan dasar gelombang                                     4.  memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan dasar       gelombang pada gelombang transversal dan gelombang longitudinal
D. Tujuan : Siwa dapat              :1. membedakan gelombang transversal dan longitudinal
                                                    2. membedakan gelombang mekanik dan  elektromagnetik
                                                    3. menuliskan persamaan dasar gelombng
                               4. memecahkan persoaalaan  tentang persamaan dasar gelombang
 E. Alokai waktu                      :2 jam pelajaran                        
F. Materi pembelajaran
     - Pemahaman tentang gelombang
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.








3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan pengertian getaran dan gelombang
Motivasi bagaimanakah bentuk persamaan dasar gelombang
Kegiatan  inti
1.      mengidentifikasi ciri ciri  gelombang transversal dan longitudinal
2.      mengidentifikasi ciri ciri  gelombang mekanik dan elektromagnetik
3.      menyimpulkan perumusan persamaan dasar gelombang
4.      memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan dasar gelombang pada gelombang transversal dan gelombang longitudinal
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas/PR

10 menit



70 menit







10 menit
I. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII  2. Fisika jilid 3 penerbit erlangga
I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar ( essay test)
1. tuliskan perbedaan antara gelombang transversal dan longitudinal berdasarkan panjang                      gelombngnya
2. tuliskan hubungan antara frekuensi, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang
3. sebuah pemancar radio bekerja pada gelombang 150 m jika cepat rambat gelombang radio 3x108 m/s, tentukan frekuensi yang dipancarkan radio tersebut

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran


Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP: 197403022000121004
                                                  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  02

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan                         masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.1 mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang
C. Indikator                             :1. mengidentifikasi karateristik gelombang berjalan
                              2. mengambarkan  gelombang berjalan berdasarkan arah                            rambatan dan amplitudo
                                                     3.  Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan                                                      4.  memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan umum       gelombang berjalan
D. Tujuan : siswa dapat :        1. menyebutkan ciri- ciri gelombang berjalan
                             2. menggambarkan gelombang berjalan berjalan berdasarkan arah                                      rambatan dan amplitudo
                             3. menuliska persamaan gelombang berjalan
                             4. memecahkan persoaalaan  tentang persamaan umum gelombang                                    berjalan
E. Alokai waktu                      :2 jam pelajaran                                  
F. Materi pembelajaran
     - Persamaan Gelombang berjalan
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.






3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan dasar gelombang
Motivasi bagaimanakah bentuk persamaan simpangan gelombang terhadap waktu
Kegiatan  inti
1.      mengidentifikasi karateristik gelombang berjalan
1.       mengambarkan gelombang gelombang berjalan berdasarkan arah rambatan dan amplitudo
2.      Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan
3.      memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan umum gelombang berjalan
 Penutup
    1. kesimpulan
    2. siswa diberikan tugas

10 menit



70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII    2. Fisika jilid 3 penerbit erlangga
I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil (essay test)
1. gambarkan gelombang berjalan berdasarkan persamaan y = - A sin (ωt + kx)
2. Berikut ini adalah persamaan simpangan gelombang berjalan y = 10 sin (0,4 πt – 10,5 πx), y dan x dalam meter dan t dalam sekon, tentukanlah:  a. Amplitudo gelombang    b. Frekuensi gelombang    c. Periode gelombang   d. Panjang gelombang     e. Kecepatan gelombang

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP: 197403022000121004





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  03

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1
A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan                         masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.1 mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang
C. Indikator                             :1. mengidentifikasi karateristik gelombang stasioner
                                                      2. Mengidentifikasi persamaan   gelombang stasioner
                              3. memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan    umum    gelombang stasioner
D. Tujuan : siswa dapat :         1. Menyebutkan ciri-ciri gelombang stasioner berdasarkan gambar
                                                 2. menuliskan persamaan gelombang stasioner
                              3. memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan                                            umum gelombang stasioner
E. Alokai waktu                      :2 jam pelajaran                                  
F. Materi pembelajaran
     - Persamaan gelombang stasioner
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.





3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan umum gelombang berjalan
Motivasi bagaimanakah bentuk persamaan simpangan gelombang stasioner
Kegiatan  inti

1.      mengidentifikasi karateristik gelombang stasioner
2.      Mengidentifikasi persamaan gelombang stasioner
      3.   memecahkan persoaalaan matematis tentang persamaan    umum gelombang stasioner
Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit



70 menit




10 menit
I. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII   2. Fisika jilid 3 penerbit erlangga
J. alat penilaian
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil (essay test)
1. tuliskan persamaan umum gelombang stasioner
2. Akibat adanya pemantulan, terbentuk gelombang stasioner dengan persamaan     y = 0,5 sin            ( 0,4 x) cos  (10 t – 4 ) m, dari persamaan tersebut kelajuan gelombang pantulnya dalah…
3. sepotong tali panjangnya 2 m yang ujungnya terikat pada tiang yang ditimbulkan oleh gelombang stasioner. Jika terbentuk 5 gelombang penuh, maka letak perut yang ketiga dihitung dari ujung terikat adalah …….


Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP: 197403022000121004






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  04

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.2. mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang bunyi dan            cahaya
      C. Indikator                             :1. Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, dan polarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan : siswa dapat :                 1. menjelaskan tentang dispersi gelombang
1. menjelaskn tentang pemantulan gelombang
2. menjelaskaan tentang pembiasan gelombang
3. menjelaskan tentang difraksi gelombang
4. menjelaskan tentang interfensi gelombang
                                                   5. menjelaskan tentang polarisasi gelombang
E. Alokai waktu                       : 2 jam pelajaran                                
F. Materi pembelajaran
     - Gejala dan sifat sifat gelombang
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi dan eksperimen
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1



2.






3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan dasar gelombang
Motivasi bagaimanakah bentuk persamaan simpangan gelombang terhadap waktu
Kegiatan  inti
1.      menjelaskan tentang dispersi gelombang
2.      menjelaskn tentang pemantulan gelombang
3.      menjelaskaan tentang pembiasan gelombang
4.      menjelaskan tentang difraksi gelombang
5.      menjelaskan tentang interfensi gelombang
6.      menjelaskan tentang polarisasi gelombang
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas

10 menit



70 menit






10 menit
I. Sumber belajar
1. Buku Fisika Kelas XII    2. Fisika jilid 3 penerbit erlangga
J. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil (essay test)
1. apa yang dimaksud dengan dispersi gelombang
2. tuliskan 2 contoh peristiwa pemantulan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
3. apa yang dimaksud dengan difraksi gelombang
4. tuliskan 2 contoh pristiwa polarisasi cahaya


Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP: 197403022000121004              
NIP : 131 124 586                                                        





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)   05

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan  masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.2. mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang bunyi dan cahaya
                                                  1.3. menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya       dalam teknologi
C. Indikator                             :1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
                                                 2. Menerapkan asas Dopller untuk gelombang bunyi
D. Tujuan :siswa dapat:          1. menjelakan tentang perambatan gelombang bunyi
2. menjeaskn tentang sifat sifat gelombang bunyi
3. menjelaskaan tentang efek dopler
4. menuliskan rumus efek dopler
5. memecahkan persoalan yang berkaitan dengan efek dopler
E. Alokai waktu                     :2 jam pelajaran                                   
F. Materi pembelajaran
     - Gejala gelombang bunyi dan efek dopler
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1



2.





3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan apa yang menyebabkan timbulnya bunyi
Motivasi bagaimanakah cara orang dapat berkomuniasi melalui tempat yang jauh
Kegiatan  inti
1.      menjelakan tentang perambatan gelombang bunyi
2.      menjeaskn tentang sifat sifat gelombang bunyi
3.      menjelaskaan tentang efek dopler
4.      menjelaskan tentang perumusan efek dopler
5.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan efek dopler
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas

10 menit



70 menit






10 menit
I. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII
J. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. tuliskan persamaan efek dopler
         2. sumber bunyi bergerak menjauhi seorang yang sedang diam dengan kecepatan 5 m/s, frekuensi bunyi yang didengar adalah 510 Hz, jika cepat rambat bunyi diudara 340 m/s, tentukan frekuensi sumber bunyi tersebut
        3. sebuah lokomotif mendekati stasiun dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan pluit dengan frekuensi 2000 Hz, jika kecepatan bunyi diudara 330 m/s, tentukan frekuensi yang didengar oleh orang distasiun tersebut

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   ------------------------------                      
NIP : 131 124 586                                                        





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  06

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1
A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan  masalah
B. Kompetensi dasar                : 1.3. menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
C. Indikator                             :1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
                                                      2. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi
D.Tujuaan      :  Siswa dapat    :1. menjelakan tentang perambatan gelombang bunyi dalam dawai
2. menuliskan rumus cepat rambat gelombang bunyi dalam dawai
3. menuliskaan  rumus frekuesni pada senar
4. menuliskan  rumus frekuensi alamiah pada pipa organa terbuka dan tertutup
5. menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan cepat rambat gelombang bunyi dalam dawai, frekuensi pada senar dan pipa organa
E. Alokai waktu                     :2 jam pelajaran                                   
F. Materi pembelajaran
     - Cepat rambat bunyi dalam dawai
     - Sumber bunyi
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.










3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan efek dopler
Motivasi bagaimanakah cara menentukan cepat rambat bunyi dalam  dawai
Kegiatan  inti
a.       menjelakan tentang perambatan gelombang bunyi dalam dawai
b.      menjeaskn proses perumusan cepat rambat gelombang bunyi dalam dawai
c.       menjelaskaan tentang perumusan frekuesni pada senar
d.      menjelaskan tentang perumusan frekuensi alamiah pada pipa organa terbuka dan tertutup
e.       mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan cepat rambat gelombang bunyi dalam dawai, frekuensi pada senar dan pipa organa
 Penutup
- kesimpulan
- siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit









10 menit
I. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII
J. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. Pada percobaan melde digunakan dawai yang panjangnya 2 m dan massa 20 gram, dawai   diberi tegangan 16 N, cepat rambat gelombang sepanjang dawai adalah
   2. sebuah pipa organa tertutup memiliki panjang 72 cm, cepat rambat bunyi 288 m/s, tentukan frekuensi nada dasar, nada atas I, dan nada atas II

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran


Drs. Yakub Sirajuddin                                                   -----------------------------                       
Nip : 131124586


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  07


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1
A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan  masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.3. menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya                                                          dalam teknologi
C. Indikator                             :1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
                                                 2. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi
D. Tujuan : siswa dapat :        1. menjelakan tentang pengertian intensitas bunyi
2   menuliskn  rumus intensitas bunyi
1. menjelaskaan tentang taraf intensitas bunyi
2. menuliskan  rumus taraf intensitas bunyi
3. memecahknkan persoalan yang berkaitan dengan intensitas dan taraf intensitas bunyi
E. Alokai waktu                     : 2 jam pelajaran                                  
F. Materi pembelajaran
     - Intensitas dan taraf intensitas
G. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
H. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1



2.






3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan cepat rambat bunyi dalam dawai
Motivasi bagaimanakah cara mengetahui intensitas sebuah sumber bunyi
Kegiatan  inti
1.      menjelakan tentang pengertian intensitas bunyi
2.      menjeaskn proses perumusan intensitas bunyi
2.      menjelaskaan tentang taraf intensitas bunyi
3.      menjelaskan tentang perumusan taraf intensitas bunyi
4.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan intensitas dan taraf intensitas bunyi
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit






10 menit
I. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII
J. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar  (essay test)
1.Titik A dan B masing masing berada pada jarak 4 m dan 9 m dari sebuah sumber bunyi, Jika IA dan IB masing masing adalah intensitas bunyi dititik A dan dititik B, maka IA : IB adalah………
   2. intensitas suatu gelombang bunyi 108 watt/cm2, tentukan taraf intensitas gelombang bunyi tersebut

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   --------------------------------
NIP : 131 124 586                                                        




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  08

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1
A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.2. mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang bunyi dan cahaya
                                                  1.3. menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya       dalam teknologi
C. Indikator                             :1. Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya
                                                       2. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi
  D. Tujuan : siswa dapat :    1. menjelakan  pengertian polarisasi cahaya
 2. menjelaskn proses terjadinya difraksi cahaya
3.  menuliskaan  rumus dfraksi cahaya
 4. menuliskan  rumus difraksi pada kisi
 5 .menuliskan  rumus perbesaran sistem alat optik dibatasi oleh difraksi
 6. memecahkan persoalan yang berkaitan dengan difraksi cahaya dan  perbearan sistem alat optik
D. Alokai waktu                     : 2 jam pelajaran                                 
E. Materi pembelajaran
     - Polarisasi dan difraki cahaya
F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.








3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang sifat sifat gelombang bunyi
Motivasi mengapa cahaya dikatakan sebagai gelombang transversal
Kegiatan  inti
1. menjelakan tentang pengertian polarisasi cahaya
2        menjelaskn proses terjadinya difraksi cahaya
3. menjelaskaan tentang perumusan dfraksi cahaya
1.      menjelaskan tentang perumusan difraksi pada kisi
2.      menjelaskan tentang perumusan perbesaran sistem alat optik dibatasi oleh difraksi
3.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan difraksi cahaya dan perbearan sistem alat optik
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit







10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII
I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar
  1. Sebuah kisi difraksi memiliki 5000 celah/cm. Bila spektrum garis terang orde kedua yang dihasilkan membentuk sudut 30o terhadap garis normal pada kisi maka panjang gelombang yang digunakan adalah …….
  2. Jelaskan pengertian polarisasi cahaya

Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran


Drs. Yakub Sirajuddin                                                   --------------------------------
NIP : 131 124 586                                                        




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  09


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi            : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang dalam menyelesaikan   masalah
B. Kompetensi dasar               : 1.2. mendiskripsikan gejala dan ciri ciri gelombang bunyi dan cahaya
                                                  1.3. menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya       dalam teknologi
C. Indikator                             :1. Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya
                                                       2. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi
D. Alokai waktu                     :2 jam pelajaran                                  
E. Materi pembelajaran
     - Interfrensi cahaya
F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.








3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan difraksi cahaya
Motivasi apa yang terjadi jika cahaya dilewatkan pada celah
Kegiatan  inti
1.      menjelakan tentang proses terjadinya interfrensi cahaya pada celah ganda
2.      menjeaskn proses perumusan interfrensi cahaya pada celah ganda
3.      menjelaskaan tentang proses terjadinya interfrensi pada lapisan tipis
4.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan interfrensi cahaya pada celah ganda
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1.  tuliskan persamaan interfrensi cahaya pada celah ganda
2. diketahui jarak dari celah kelayar 1,5 m dan panjang gelombang yang di gunakan 4x10 -7 m. Jarak antara terang pusat dan terang ketiga adalah 0,6 cm hitunglah jarak antara dua celah.
3. jelskan persamaan dan perbedaan percobaan thomas young dan fresnel untuk menghasilkan dua cahaya yang koheren



Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)   010


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1


A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.1.memformulasikan gaya listrik,kuat medan listri,fluks,potensial listrik energi potensial listrik serta penerapan pada keping sjaja
C. Indikator                                :1 Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik
   D. Alokai waktu                        :2 jam pelajaran                                  
   E. Materi pembelajaran
     - Gaya elektrostatik
F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif, diskusi informasi, dan demonstrasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.






3.
 Pendahuluan
Apperepsi siswa ditanyakan tentang persamaan tentang hukum gravitasi newton
Motivasi semua mahluk hidup diciptakan saling berpasangan
Kegiatan  inti
1.      menjdiskusikan tentang jenis jenis muatan listrik
2.      mendiskusikan interaksi antara dua jenis muatan listrik
3.      mendiskusikan tentang perumusan gaya yang mempengaruhi antara kedua muatan litrik
4.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan gaya elektrostatik
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

H. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. ada 4 buah muatan listrik A, B, C, dan D, jika muatan A menarik B, B menolak C, dan D menolak C, dan D bermuatan positif tentukan jenis muatan A, B, dan C
2. hitunglah gaya coulumb yang bekerja antara muatan sebesar +8c dengan muatan sebesar -4 c yang berjarak 2 meter diudara





Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  011


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1


A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.1.memformulasikan gaya listrik,kuat medan listri,fluks,potensial listrik energi potensial listrik serta penerapan pada keping sjaja
C. Indikator                                :1 Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu
   D. Alokai waktu                     :2 jam pelajaran                         
   E. Materi pembelajaran
     - Medan listrik dan hukum Gauss
F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.








3.
 Pendahuluan
Appersepsi siswa ditanyakan tentang persamaan gaya coulomb
Motivasi hubungan antara gaya coulomb dengan medan listrik
Kegiatan  inti
1.      menjelaskankan tentang pengertian medan listrik
2.      menjelaskan tentang perumusan kuat medan listrik pada suatu titik
3.      menjelakan tentang perumusan hukum gauss
4.      menjelaskan tentang kuat medan listrik bagi distribusi muatan kontiniu
5.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan kuat medan listrik, hukum gauss dan distribusi muatan
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit







10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar
1. hitunglah kuat medan listrik pada jarak 20 cm dari sebuah muatan positif 2x10 -6 coulomb
2. sebuah bola berongga dengan diameter 10 cm diberi muatan -60 c, hitunglah kuat medan listrik pada jarak: a. 2 cm dari pusat bola,  b. 5 cm dari pusat bola,   c. 8 cm dari pusat bola




Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  012


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1


A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.1.memformulasikan gaya listrik,kuat medan listri,fluks,potensial listrik energi potensial listrik serta penerapan pada keping sejajar
C. Indikator                                :1 Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
    - Potensial dan energi potensial listrik
    F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.






3.
 Pendahuluan
Appersepsi siswa ditanyakan tentang persamaan kuat medan listrik
Motivasi bagaimanakah cara untuk mengetahui besarnya beda potesial listrik
Kegiatan  inti
1.      menjelaskankan tentang perumusan potensial lisrtrik mutlak
2.      menjelaskan tentang perumusan beda potensial listrik dan potensial oleh beberapa muatan sumber titik
3.      menjelakan tentang perumusan potensial listrik pada keping sejajar dan bola konduktor
4.      menjelaskan tentang perumusan energi potensial listrik
5.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan potensial listrik dan energi potensial listrik
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian  
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. titik A dab B masing masing berada 25 cm dan 5 cm dari sebuah muatan yang besarnya 10 c, hitunglah :
a. potensial pada titik A dan B
b. beda potensial antara titik A dan B
c. usaha untuk memindahkan muatan sebesar -5 c dari B ke A




Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  013



Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1


A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.1.memformulasikan gaya listrik,kuat medan listri,fluks,potensial listrik energi potensial listrik serta penerapan pada keping sejajar
C. Indikator                                :1 Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
    - Kapasitor
    F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.







3.
 Pendahuluan
Appersepsi siswa ditanyakan tentang persamaan ptensial listrik
Motivasi siswa ditanyakan pengertian kapasitor atau jenis dan fungsi kapasitor
Kegiatan  inti
1.      menjelaskankan tentang pengertian kapasitor
2.      menjelaskan tentang fungsi dan jenis jenis kapasitor
3.      menjelakan tentang perumusan kapaitas kapasitor
4.      menjelaskan tentang perumusan kapasitas kapasitor keping sejajar
5.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan kapasitas kapasitor, kapasitas kapasitor keping sejajar
 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. sebuah kapasitor mempunyai kapasitas 60 F dihubungkan dengan baterai 6 volt,   hitunglah muatan yang tersimpan di dalam kapasitor
2. suatu kapasitor keping sejajar dengan luas tiap keping 1000 cm2, kedua keping terpisah 1 cm, kapsitor dihubungkan dengan sumber tegangan 12 volt, tentukanlah:
a. kapsitas kapasitor,  b. Rapat muatan tiap keping,  c. kuat medan dalam kapasitor




Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  014



Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1


A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.1.memformulasikan gaya listrik,kuat medan listri,fluks,potensial listrik energi potensial listrik serta penerapan pada keping sejajar
C. Indikator                                :1 Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
    - Susunan  Kapasitor dan energi potensial kapasitor
    F. Metode pembelajaran          : ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.






3.
 Pendahuluan
Appersepsi siswa ditanyakan tentang persamaan kapasitas kapasitor
Motivasi bagaimanakah cara menyusun kapasitor seri dan paralel
Kegiatan  inti
1.      menjelaskan susunan kapsitor susunan seri dan paralel
2.      menjelaskan perumusan kapasitor susunan seri dan paralel
3.      menjelaskan perumusan energi kapasitor
4.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan  susunan kapasitor dan energi kapaitor

 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit





10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. dua kapasitor 30 F dan 90 F disusun seri, kemudian dihubungkan dengan baterai 6 volt tentukanlah:
a. kapasitas kapasitor rangakaian,  b. Muatan pada tiap tiap kapasitor,  c. Tegangan masing masing kapasitor,   d. Energi yang tersimpan dalam kapasitor





Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  015


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
C. Indikator                                :1 Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
    - Medan mgnetik (hukum ampere dan induksi magnetik diekitar kawat berarus )
    F. Metode pembelajaran          :  percobaan, ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.











3.
 Pendahuluan
Appersepsi  bentuk bentuk magnet
Motivasi bagaimana cara mengetahui besarnya induksi magnetik pada kawat berarus
Kegiatan  inti
1.      menjelaskan arah dari induksi magnetik
2.      menjelaskan perumusan induksi magnetik pada kawat lurus berarus berdasarkan hukum biot- Savart
3.                                                                menjelaskan perumusan induksi magnetik pada kawat melingkar berarus
4.      menjelaskan hukum ampere
5.      menjelaskan perumusan induksi magnetik pada solenoida
6.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan induksi magnetik pada kawat lurus, kawat melingar dan kumparan

 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit


70 menit










10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar ( essay test)
1.   Seutas kawat lurus membujur arah timur barat, terletak dalam medan magnetic serba sama yang arahnya vertical kebawah. Jika kawat itu dialiri arus listerik berarah ke timur kemanakah arah gaya magnetic yang dialamia kawat
2.  Induksi magnetic sebesar 10 Wb/m2 pada suatu titik yang berjarak r dari penghantar lurus panjang berarus listrik I, berapakah induksinya jika arusnya dirubah menjadi 2i
3.  Sebuah kawat melingkar dengan jari-jari 40 cm terdiri atas 6 lilitan, kawat itu dialiri arus listrik sebesar 20 A, berapa besar medan magnet dipusat kawat melingkar tersebut
4.  Sebuah solenoida panjangnya 25 cm, jari-jari 1 cm, dan terdiri dari 75 lilitan, bila solenoida
       dialiri arus 2 A, hitunglah kuat medan magnetic dipusat dan diujung solenoida



Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  016


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
C. Indikator                                :1 Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
    - Gaya magnetik (gaya Lorentz)
    F. Metode pembelajaran          :  percobaan, ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1



2.








3.
 Pendahuluan
Appersepsi  persamaan induksi magnetik pada kawat lurus
Motivasi berapa bear gaya yang mempengaruhi induksi magnetik pada kawat berarus
Kegiatan  inti
1.      menjelaskan pengertian gaya lorentz pada penghantar berarus
2.      menjelaskan aplikasi gaya lorentz pada berbagai produk teknologi
3.      menjelaskan perumusan gaya lorentz pada penghantar berarus
4.      menjelaskan perumusan gaya lorentz pada partikel bermuatan listrik
5.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan gaya lorentz pada penghantar berarus dan partikel bermuatan listrik

 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit



70 menit










10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

I. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (esay test)
1.   gambarkan arah gaya lorentz pada penhantar berarus
2.   sebutkan alat alat yang bekerja berdasarkan prinsip kerja gaya lorentz
3.  seutas kawat membujur arah timur barat terletak dalam medan magnetik serba sama yang arahnya vertikal kebawah, jika kawat itu dialiri arus listrik berarah kebarat kemanakah arah gaya magnetik yang dialami kawat tersebut
4.  Sebuah muatan  sebasar Q bergerak dengan kecepatan V dalam suatu medan magnet homogen yang mempunyai induksi magnetik B, jika sudut yang dibentuk antara V dan B adalah 30o, muatan tersebut akan mengalami gaya sebesar ……



Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  017


Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
2.2                                                                                                  B. Kompetensi dasar  : 2.3. Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-    balik serta penerapannya
C. Indikator                                :1 Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
 - Induksi elektromagnetik : Ggl dan arus induksi
    F. Metode pembelajaran          :  percobaan, ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1


2.








3.
 Pendahuluan
Appersepsi  pengertian medan magnet
Motivasi apakah perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik
Kegiatan  inti
            1.  menjelaskan pengertian induksi elektromagnetik
            2.  menjelaskan tentang  konsep arus induksi dan ggl induksi
            3.  menjelaskan perumusan ggl induksi
6.      menjelaskan tentang konsep fluks magnet
7.      menjelaskan perumusan fluks magnet
8.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan ggl induksi dan fluks magnetik

 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit



70 menit






10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII

H. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1.   apa yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik
2.   apa yang menyebabkan timbulnya ggl induksi
3.  sebuah kawat digerakan dalam medan magnet dengan arah garis gaya membentuk sudut  terhadap arah  v (bidang normal gerakan) kapan induksinya maksimum dan minimum
4.   sebuah kawat penghantar digerakan dalam medan magnet 2,2 T, panjang kawat 0,5 m dengan kecepatan gerakan 0,2 m/s.  a. Hitunglah ggl induksinya      b. bila hambatan kawat 20 ohm berapa arus induksinya



Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)  018

Satuan Pendidikan          : SMA N 1 WAWO
Mata Pelajaran                : Fisika
Kelas / Semester              : XII IPA / 1

A. Standar kompetensi              :2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
B. Kompetensi dasar                 : 2.3. Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-    balik serta penerapannya
C. Indikator                                :1 Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
                                                 2. Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi

   D. Alokai waktu                         :2 jam pelajaran                                 
   E. Materi pembelajaran
 -  Hukum Faraday tentang ggl induksi dan hukum lenz tentang arus induksi
    F. Metode pembelajaran          :  percobaan, ceramah interaktif, dan diskusi informasi
G. Langkah langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1



2.










3.
 Pendahuluan
Appersepsi  pengertian  ggl induksi
Motivasi bagaimanakah hubungan antara ggl induksi dengan perubahan fluks magnet
Kegiatan  inti
            1.  menjelaskan konsep hukum Faraday
            2.  menjelaskan proses perumusan hubungan  ggl induksi dengan perubahan fluks pada kumparan
            3.  menjelaskan perumusan ggl indusksi oleh luas bidang kumparan
4.   menjelaskan tentang ggl induksi oleh perubahan besar induksi  
       magnetik
5.    menjelaskan tentang hukum Lenz
6.      mendiskusikan persoalan yang berkaitan dengan hubungan  ggl induksi dan perubahan fluks magnetik pada kumparan

 Penutup
a.       kesimpulan
b.      siswa diberikan tugas


10 menit



70 menit









10 menit
H. Sumber belajar
1. LKS Fisika Kelas XII
H. alat penilaian 
a. Penilaian Proses dilakukan pada saat proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar (essay test)
1. ggl induksi timbul karena adanya perubahan fluks bukan semata mata karena gerakan       penghantar dalam medan magnetik adalah pernyataan hukum ..............
2.  arah arus induksi dalam suatu penghantar sedemikian rupa sehingga menghasilkan medan magnetik yang arahnya .................  
3.  sebuah kawat digerakan dalam medan magnet dengan arah garis gaya membentuk sudut  terhadap arah  v (bidang normal gerakan) kapan induksinya maksimum dan minimum
4.   sebuah kawat penghantar digerakan dalam medan magnet 2,2 T, panjang kawat 0,5 m dengan kecepatan gerakan 0,2 m/s.  a. Hitunglah ggl induksinya      b. bila hambatan kawat 20 ohm berapa arus induksinya


Mengetahui,                                                                   Wawo,.............................................
Kepala SMA N 1 Wawo                                                Guru mata Pelajaran



Drs. Yakub Sirajuddin                                                   Muhammad Naim, S.Pd
NIP : 131 124 586                                                         NIP : 132274735

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar